Mengambil value combobox di Javascript

Suatu hari saya dipusingkan dengan kejadian dimana jika saya ingin mengambil nilai dari combobox melalui java script nilainya tidak ada. Tapi kalau saya mengambil nilai dari object TextBox isi dari text tersebut bisa terbaca (padahal fungsi javascript yang digunakan sama). Tapi sekitar 2 hari kemudian saat tengah melihat-lihat ulang script gue, eh…ternyata “value” dari property option dari combo box tersebut belum aku isi/definisikan. Setelah aku isi, baru dech isi dari combo box tersebut terbaca.

Mungkin ini karena pengaruh dari label combobox itu sendiri, jadi seolah-olah kita merasa itu adalah nilai/value dari object html tersebut. Namun barusan aku dapat pencerahan dari salahseorang teman di forum bahwa label tersebut juga bisa kita jadikan nilai/value dari object combo box.
Sekarang coba perhatikan kode berikut ini:




Maka jika dieksekusi, maka nilai dari variabel “nilai” akan berisi value dari object combobox tersebut (1,2,3). Sementara untuk variabel “label” akan berisi nilai label dari combobox (satu, dua, tiga).


Jika pada tutorial sebelumnya JavaScript mengambil text select combo box yang terpilih, tutorial yang sama untuk berikut ini dilakukan dengan JQuery

  1. Kode program Form
    "POST" action="#" id="frm1">
    Kota :
            
            
            
            
            
          

Kota Pilihan : "text" name="kota" value="" size="20"/>

  • Berikut kode JQuerynya :
     

  • Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »

    1 komentar:

    Write komentar