Os XP di Acer Aspire 4310

Notebook acer yang satu ini memang bikin kepala mumet alias pusing, mungkin sebagian dari anda adalah pemilik barang yang satu ini, acer 4310 yang kisaran harganya sekitar 8.000.000 ini memiliki Operating System Linux sebagai Basic Edition nya, kalo dah masuk di indonesia sih sudah di daur ulang ke Os Vista. mungkin karena microsoft lebih familiar kali ya di kalangan pengguna komputer yang cuman sekedar ngetik ngetik aja.

as4310.jpg

Nah saya ada pengalaman gimana caranya merubah Acer Aspire 4310 dari Os Vista ke Os Xp, sebelum kita membahas migrasinya Aspire 4310 anda harus tau kalo kita pakai Os Vista mungkin kalo Notebook atau PC Tablet kita tidak sanggup untuk menjalankannya karena mungkin pengoperasiannya akan sangat lambat. “secara grafis dan tampilan sih Vista lebih o.k lah.. tapi kalo prosesi kerja jadi lambat kan jadi nggak asik tuh.. ya mending pake xp ajalah.. “

Ketika ingin melakukan migrasi ke XP awalnya sih saya beranggapan itu hal biasa, karena untuk melakukan instal ulang kan syaratnya gampang, cuma bermodalkan CD Os XP dan ngerti lah sedikit sedikit prosedurnya. Teryata lain halnya di kalo Acer Aspire 4310 yang nota bene memiliki hardisk model sata.

Pengalaman pertama kali nyoba peng-Instalan os XP saya kaget sih.. aneh dan campur curiga lah.. karena pas saat peng-Instalan hardis gak ke detek sama sekali alias gak bisa dibaca.. takut sih iya.. jangan jangan notebooknya yang rusak.., yaaa akhirnya coba lagi.. “eeh ternyata masih tetap gak bisa ke detek.. korek korek sampai kepala pusing gara gara gagal terus pas nginstal nya akhirnya saya coba ganti sama Os lain.. waktu itu saya coba pakai Os nya Linux yang Igos Nusantara punya, “.. eh ko ini bisa ya.. trus coba lagi ke Os Xp dan ternyata masih sama aja.. teatap aja hardisk gak ke detek juga.. “

Saat itu sih saya berpikiran kalo Cd Os XP nya yang rusak.. wah sayang sekali padahal Cd nya yang Ori.. trus saya coba CD XP yang lain.. “eeeh teryata memang gak bisa juga.. “

Yaa kira kira 2 hari lah mikirin Notebook Acer Aspire 4310 yang bikin pusing ini.. ahkirnya dengan sedikit rasa ingin tahuan yang tinggi saya coba Browsing di internet siapa tau aja ada orang lain yang mengalami hal yang sama seperti yang saya alami.. , setelah saya browsing.. “eeh ternyata memang banyak yang mengeluh sama apire 4310, bukan lantaran produknya tidak bagus, tetapi karna ingin melakukan migrasi ke XP memang sedikit bermasalah pada driver satanya..

Hari ketiga saya coba kontak mas adi ayahnya aksa kenalnya sih pas nge net juga setelah baca blognya mas adi. nah disitu ( di blognya mas adi ) ada sedikit pencerahan bagaimana menginstal Os XP di Acer Aspire 4310.. “Ck.. ck.. ck.. ternyata mesti ada prosedur lain toh.. karena keingin tahuan saya yang tinggi dan dibantu sama mas adi akhirnya saya coba trik untuk penginstalan nya, dan yesss!!! akhirnya saya gagal… ” ha ha ha mungkin saya nya yang sedikit o-on .. dan karena rasa penasaran dan keingin tahuan yang tinggi ( he he semangat bener…” ) akhirnya saya coba terus.. ” ilmu kan gak akan kita dapat kalo tidak digali.. ” gimana ? setuju nggak ?..

Yesss!!! ternyata kegagalan bukan lah hambatan.. akhirnya saya berhasil.. terima kasih mas adi atas bimbingannya.. berikut ini saya tulis apa yang sudah saya lakukan..

langkah2nya:

siapkan dulu:
1 - CD windows XP
2 - nlite http://www.nliteos.com/download.html
3 - SATA Driver http://rapidshare.com/files/42244341/SATA_Raid.rar.html
4 - CD Kosong (lebih bagus gunakan CDRW, karena bisa digunakan kembali ketika terjadi kesalahan)cara-cara:

1 - Buat folder baru

2 - masukkan CD WINXP

3 - buat folder baru dan kopi semua isi CD Win XP ke dalam folder tersebut

4 - jalankan Program nlite yang sudah di instal tadi

- cari folder yang isinya CD/DVD yang berisi CD WINXP

- pilih destinasi yg sesuai untuk WINXP - contoh: C:\CDXP
1.jpg
- mulai proses penyalinan

3 - extract SATA DRIVER yang sudah di download tadi

4 - cari: iastor.ini ( kalo di komputer saya dibacanya inf trus saya klik kanan pilih properti dan ganti extensien nya menjadi format ini )

5 - masukkan salinan fail tersebut ke C:\XPCD\I386

- buka folder C:\CDXP\I386 dan cari: TXTSETUP.SIF

-buka file yang menggunakan program : notepad
- cari file: [SourceDisksFiles]

- masukkan: iastor.ini = 1,,,,,,_x,4,1
- cari file : [HardwareIdsDatabase]
- masukkan: PCI\VEN_8086&DEV_27C5&CC_0106 = “iaStor”
- cari file : [SCSI.Load]
- masukkan: iastor = iastor.ini,4
- cari file : [SCSI]
- masukkan: iastor = “Intel� 82801GBM SATA AHCI Controller (Mobile ICH7M/DH)”
5 - SAVE TXTSETUP.SIF

6 - kembali ke nlite: sesudah anda selesai semua langkah2 di atas, tekan next atau lanjut hingga bertemu ini:
2.jpg

7 - setelah memilih “option” di atas, teruskan ke:
3.jpg
8 - anda boleh membakar CD anda sekarang

9 - sekarang anda sudah siap melakukan instalasi ke Windows XP

tambahan lagi, driver bawaan acer adalah windows vista. beberapa drivernya sih compatible dengan winXP yang saya instal. untuk masalah ini jangan kuatir, silahkan lakukan prosedur dibawah ini.

Instal Audio Driver:
http://support.acer-euro.com/drivers/notebook/tm_3270.html
cari: Audio Driver 5.10.0.5273

1 - masuk ke device manager ” clik kanan my computer > properties > hardware > device manager”
2 - cari pci device dengan tanda bewarna kuning
3 - klik kanan dan instal driver
4 - tujukan ke folder dimana driver untuk audio di atas di extract kan
5 - kalo sudah restart notebooknya

Instal WLAN:
http://www.acer.com.cn/driver/download.asp…ss_Broadcom.zip

1 - extract fail yg didownload
2 - uninstal semua driver wlan
3 - masuk ke device manager ” klik kanan my computer > properties > hardware > device manager”
4 - klik kanan pada “Broadcom 802.11g Network Controller” ATAU network controller
5 - pilih: update driver
6 - pilih: install from a list or a spesific location
7 - pilih: dont search i will choose the driver to install
8 - pilih: have disk
9 - pilih: browse
10-ader satu pilihan aja driver, pilih yg itu
11-abaikan msg yg kluar: pilih YES - Siap!!!

“selamat Mencoba……”

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »